Kamera Bawah Layar Ponsel
General 0 Comments

Kecanggihan Teknologi Kamera Bawah Layar Ponsel Masa Kini, Recommended?

Baru-baru ini jagat smartphone dibuat penasaran dengan munculnya produk smartphone yang disematkan fitur kamera bawah layar ponsel. Salah satu brand smartphone yang mengembangkan teknologi tersebut yaitu perusahaan ponsel Oppo. Lalu bagaimana sih teknologi smartphone dengan fitur kamera bawah layar itu? Recommended dibeli atau tidak?

Sesuai dengan namanya, dengan penggunaan kamera bawah layar ponsel tentu akan menghilangkan sama sekali keberadaan notch di smartphone. Dengan adanya teknologi tersebut tentunya juga akan membuat smartphone tidak memiliki lubang dalam layar maupun mekanisme pop up atau semacamnya. Harapannya teknologi ini dapat membuat ponsel.

Meskipun Oppo sempat membocorkan akan merilis segera produk smartphone dengan fitur kamera bawah layar ini. Namun sepertinya belum ada kepastian kapan produk akan diproduksi secara massal. Sehingga tak heran jika brand smartphone lainnya juga ikut-ikutan untuk mengembangkan fitur kamera bawah layar, salah satunya Xiaomi.

Bagaimana Kamera Bawah Layar Bekerja?

Penggunaan kamera dibawah layar menjadi salah satu terobosan penting dalam perkembangan teknologi smartphone. Sehingga tak heran jika banyak brand smartphone yang mulai melirik teknologi satu ini. Karena dengan penggunaan fitur kamera di bawah layar, maka dapat menghilangkan notch di Smartphone yang dalam beberapa hal sering kali mengganggu, misalnya ketika aktivitas game.

Wang Xiang selaku senior Vice President Xiaomi menjelaskan bagaimana kerja teknologi kamera bawah layar ponsel ini. Dirinya mengatakan bahwa permukaan layar smartphone memiliki bagian kecil berupa layar transparan, yang terbuat dari kata khusus berefleksi rendah namun dengan transmisi yang tinggi. Layar transparan ini bekerja secara normal ketika kamera depan sedang tidak digunakan. Menurutnya teknologi ini dapat menampung modul kamera dengan resolusi 20 megapixel.

Apabila bisa memungkinkan cahaya yang masuk ke dalam lensa lebih banyak, maka ada kemungkinan kamera tombol yang tertanam di bawah layar smartphone dapat menghasilkan foto selfie yang sempurna jernih dan lebih jelas, dibanding kamera pinhole atau desain lubang kamera.

Kamera Bawah Layar Masih Punya Kekurangan

Sebenarnya teknologi kamera dibawah layar smartphone canggih masa kini memang masih dalam pengembangan lebih dalam, untuk memberikan jaminan kualitas kamera yang tak kalah canggih dari kamera konvensional. Itulah yang membuat brand smartphone ternama masih ragu untuk memproduksi secara massal ponsel dengan fitur kamera dibawah layar.

Pengembang pun juga mengatakan bahwa foto selfie dari hasil kamera dalam layar ini masih belum sempurna layaknya kamera konvensional saat ini. Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang teknologi ini untuk terus dikembangkan agar mencapai titik sempurna. Karena jika berkaca dari penggunaan teknologi pemindai sidik jari dalam layar, sehingga masih ada harapan teknologi kamera di dalam layar ini pun juga akan teraplikasi secara masif dan lebih baik.

Apalagi dengan melihat rekam jejak teknologi sensor sidik jari di bawah layar yang saat ini sudah berkembang sangat pesat hanya dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Sehingga hal tersebut memberikan motivasi tinggi bagi para pengembang teknologi kamera di bawah layar, untuk mewujudkan smartphone tanpa memiliki lubang kamera depan.

Nantinya jika brand smartphone berhasil menciptakan produk smartphone dengan kamera di bawah layar, kecanggihan dari ponsel ini layak untuk menjadi pertimbangan bagi para penggemar smartphone berteknologi tinggi. Dengan fitur kamera bawah layar ponsel sehingga penampilan layar depan smartphone menjadi lebih mulus.